[HOAKS] Video Diklaim Kisah Dokter yang Kekasihnya Posit「Football betting platform」if Covid

  • 时间:
  • 浏览:0

VidFootball betting platformeo iFootball betting platformtu diunggah pada 4 Juli 20Football betting platform18. Dalam keterangan video disebutkan bahwa tayangan dalam video itu adalah telenovela milik Televisa.

Hingga Jumat (6/11/2020), video itu sudah mendapat 261 komentar dan telah dibagikan sebanyak 1.600 kali.  

Adegan tersebut memperlihatkan karakter Maria Desamparada yang diperankan artis Maite Perroni dan kekasihnya Max Sandoval yang diperankan aktor William Levy.

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

Dari hasil pencarian gambar terbalik yang dilakukan AFP Fact Check, rekaman tersebut menunjukkan adegan dari drama televisi Meksiko berjudul Triumph of Love. Drama tersebut ditayangkan sejak 2010 hingga 2011.

Potongan gambar video yang diunggah akun di atas dimasukkan ke dalam mesin pencari Google.

Muncul sejumlah hasil, salah satunya video YouTube berjudul "Historia De Max y Maria Desamparada 158" yang diunggah channel Yoly.

Di video berdurasi 11 menit 11 detik itu terdapat tayangan yang mirip dengan tayangan pada video di Facebook dengan narasi kejadian nyata di Italia yang beredar di Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, video dengan narasi kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter tidak benar. Video itu tayang jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi.